Saturday, October 12, 2013

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


Sebelumnya kita mungkin sudah terbayang apa itu Desain Pemodelan Grafik. Namun, agar lebih jelasnya kita akan memahami pengertian desain pemodelan grafik dengan mengenal per kata terlebih dahulu.
  • Desain
           Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
  • Pemodelan
            Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
  • Grafik
            Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
         Dari Pengertian diatas dapat disimpulkan dalam garis besar bahwa, Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata.

         Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses   membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan  obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. 
Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3  dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi  (3D modelling) (Nalwan, 1998). 

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer
  1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. 
  2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  3. Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
  4. Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
  5. Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
  6. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
    Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Berikut adalah soft untuk pendukung Komputer Grafik :

Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
  • Adobe FrameMaker 
  • Adobe In Design 
  • Adobe PageMaker 
  • Corel Ventura
  • Microsoft Publisher

Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
  • Adobe Photoshop 
  • Corel Photo Paint 
  • Macromedia Xres 
  • Metacreations Painter
  • Gimp 

Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
  • Adobe Illustrator
  • Beneba Canvas 
  • CorelDraw
  • Macromedia Freehand
  • Micrografx Designer
  • Inkscape

Aplikasi Pengolah Multimedia
  • Adobe Flash
  • Macromedia Authorware
  • Macromedia Director
  • Macromedia Flash
  • Multimedia Builder
Pengolah 3 Dimensi
  • AutoCad
  • ArchiCad 
  • Xara 3D 
  • 3Ds Max
  • Lightware
  • Blender
  • Pixar
  • Maya
  • Poser
  • Zmodeler.

Software Tipografi
  • AMP Font Viewer
  • California Fonts Free Font Manager v2.5
  • Font Manager v3.5

 Referensi :

0 comments:

Post a Comment